Kamis, 29 Maret 2012

"Lestarikan Budaya Suku Tolaki"

Prosesi adat perkawinan selalu menarik perhatian untuk disaksikan. Salah satunya adalah adat perkawinan suku Tolaki di Sulawesi Tenggara, yang diberi nama Mowindahako.
Tarian Mondotambe menyambut rombongan mempelai pria sebelum masuk ke kediaman mempelai wanita. Tarian itu adalah tarian penyambutan bagi tamu kehormatan.
Setelah melewati prosesi tarian Mondotambe, pihak mempelai pria membuka sebuah bentangan sarung. Sarung itu baru bisa dibuka setelah perwalian mempelai pria memberikan imbalan kepada pihak wanita.
Prosesi pernikahan atau Mowindahako pun dimulai dengan disiapkannya Salopa atau persembahan adat tambahan, seperti tempat sirih, pinang, tembakau dan beberapa sajian lain.
Ijab kabul pun masuk dalam prosesi pernikahan ini. Rangkaian prosesi selesai saat mempelai pria melakukan pembatalan wudhu. Akhir pesta ditutup dengan tari Lulo. Kedua mempelai dan undangan saling berpegangan tangan untuk mempererat tali persaudaraan.
Namun seiring dengan perkembangan zaman, adat Mowindahako mulai ditinggalkan. Bahkan ada beberapa prosesi yang diganti, namun memiliki makna yang sama.


Sumber : Berita Lintas  http://News.mnctv.com

1 komentar: